RSS

ZODIAK


ZODIAK

Zodiak adalah kelompok-kelompok atau rasi-rasi bintang yang membentuk rantai melingkar atau sabuk. Kelebaran sabuk itu dari sisinya adalah 8° yang disebut sabuk zodiak. Sabuk zodiak adalah sabuk yang dijejaki tapak surya (ekliptika). Ia dibagi menjadi 12 daerah. Masing-masing daerah panjangnya 30° yang disebut tanda-tanda zodiak. Nama zodiak sendiri diambil dari rasi-rasi yang telah diberi nama sejak sekitar 2000 tahun lalu.
Tanda-tandanya : Aries (domba jantan), Taurus (sapi jantan), Gemini (kembar), mereka muncul antara bulan Desember dan Maret atau pada musim semi di Utara. Kemudian Cancer (kepiting), Leo (singa), dan Virgo (dara) yang muncul antara Maret dan Juni atau saat musim panas di Utara. Selanjutnya antara bulan Juni dan September, muncul rasi bintang Libra (timbangan), Scorpio (kelabang), dan Sagitarius (pemanah), yaitu saat musim gugur. Rasi Capricorn (kambing laut), Aquarius (pembawa air), dan Pisces (ikan), yaitu saat musim dingin di belahan Utara.
Tarikan gravitasi bulan dan matahari pada kecembungan bagian khatulistiwa bumi, menyebabkan proses pusingan bumi menggambarkan suatu gerakan mengerucut perlahan, yang disebut “linciran” (precesssion). Hasil dari linciran ini tampak pada kutub-kutub langit yang bergerak mengitari kutub-kutub tapak surya dalam waktu sekitar 26.000 tahun dalam sekali kitar.
Juga terdapat pergerakan yang berhubungan dengan pintas-pintas, sehingga kutub-kutub itu menggelincir sedikit demi sedikit ke arah barat sepanjang tapak surya dalam tingkat hanya di bawah 1 menit busur setiap tahunnya. Linciran kecil ini terus bertambah tiap tahun, sejak tanda-tanda zodiak pertama ditetapkan, sehingga dalam selang waktu itu, pintas-pintas telah bergerak sekitar 20° ke barat, yang menyebabkan tanda-tanda zodiak menjauh dari rasi-rasi tempat pertama kali ditetapkan, yaitu titik pertama Aries. Kini titik pertama Aries berada di antara bintang-bintang dalam rasi Pisces.
Walaupun pada tanggal 21 Maret, ketika matahari tiba di pintas semi memasuki tanda Aries, ia tidak akan memasuki rasi Aries hingga hampir sebulan kemudian. Jadi tanda-tanda zodiak dan rasi-rasi yang bernama sama, sama sekali tidak berhubungan. Terlepas dari terhimpunnya mereka dengan perjalanan tahunan matahari mengitari tapak surya, bagi para Astronom, tanda-tanda zodiak itu sedikit sekali menarik perhatian. Tanda-tanda zodiak tersebut sangat penting bagi para Astrolog.
Peta-peta bintang selalu menentukan jangka waktunya pada saat digambarkan atau dibuat, sehingga perbaikan-perbaikan itu dapat menggunakan lambung langit dan deklinasi bintang – bintang dalam memperhitungkan linciran-nya. Pergerakan linciran kutub langit menimbulkan akibat perubahan letak bintang kutub utara.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar